Senin, 28 April 2014

Teknik Wildlife Fotografi Mudah Dan Sederhana Untuk Gambar Berkualitas

Teknik Wildlife Fotografi Mudah Dan Sederhana Untuk Gambar Berkualitas

Wildlife fotografi membutuhkan kesabaran dan pendekatan terseting. Dalam ulasan baru Shoot Like A Pro seri fotografi satwa liar kita akan menampilkan serangkaian teknik sederhana yang akan membantu Anda lebih dekat dengan hewan yang ingin Anda potret dan tidak pernah melewatkan tembakan.
                                                          Gambar oleh Mark Hamblin
Cara memotret satwa liar di taman
Anda tidak perlu melakukan perjalanan jauh untuk menangkap gambar kreatif makhluk liar. Bahkan, banyak di taman juga bisa anda ditemui.
Seperti jenis lain fotografi satwa liar, Anda akan membutuhkan lensa tele dan tripod yang layak untuk pendukungnya. Seperti burung kecil, kecuali Anda dapat menarik mereka lebih dekat dengan pengumpan, Anda akan melihat sebuah focal length di wilayah 300-500mm untuk frame tembakan.
Di sinilah sensor kecil  APS-C yang ditemukan di sebagian besar DSLR terbukti menguntungkan. Sebuah sensor APS-C menangkap area yang lebih kecil dari gambar yang diproyeksikan oleh lensa dari sensor full-frame tidak bisa, jadi subjek tampak lebih besar dalam gambar.
Ini untuk alasan ini bahwa Anda perlu menerapkan 'panjang focal multiplier' dari salah 1.5x (untuk Nikon) atau 1.6x (untuk Canon) untuk di efektif focal length.
Jadi, lensa 300mm pada kamera APS-C memberikan bidang pandang setara sebagai lensa 480mm pada kamera full-frame.
 
How to blur backgrounds
Gambar oleh Mark Hamblin
 
Latar belakang blur
Selain memberikan Anda lebih banyak jangkauan, lensa tele memberikan Anda kontrol lebih besar atas latar belakang blur, semakin panjang lensa semakin blur. Taman biasanya tampak ramai dengan pohon, daun dll, sehingga memilih latar belakang bersih adalah mutlak. Pilih aperture lebar untuk membuat sebagian besar efek ini.

Photograph from low angles
Image by Danny
Selain memotret burung di cabang-cabang pohon, coba lebih rendah untuk mengambil gambar dari spesies burung yang biasa di tanah.
Tembakan sejajar tingkat mata yang menampilkan kedua latar belakang dan latar depan blur dengan pekerjaan lensa terbaik di sini, memungkinkan Anda untuk membuang keduanya dari fokus dengan aperture lebar dan burung berada di antara dua lapisan blur.
Pengaturan kamera terbaik untuk fotografi satwa liar 

 Best camera settings for garden wildlife photography: select the right mode
 
1. Pilih mode yang tepat
Pilih mode Aperture Priority dan putar aperture lebar (nomor f rendah, seperti f/5.6 atau f/6.3). Ini akan membantu untuk mem-blur-kan latar belakang dan menambahkan kecepatan rana untuk kondisi pencahayaan. Meningkatkan ISO untuk memberikan kecepatan rana sekitar 1/500 sec untuk potret burung.
 
Best camera settings for garden wildlife photography: focus carefully
 
2. Fokus hati-hati
Jika Anda mengambil potret hewan, pilih Single-shot atau Single-Shot AF, dan menggunakan titik AF tunggal untuk fokus di mata mereka. Jika Anda memotret burung terbang atau hewan yang bergerak cepat, memilih untuk mode terus-menerus atau AI Servo AF, karena hal ini akan memfokuskan lensa untuk menjaga subjek tajam.
 
Best camera settings for garden wildlife photography: fire in short bursts
 
3. Gunakan mode drive tercepat kamera
Gunakan mode drive tercepat kamera untuk menangkap urutan gambar. karena ini akan memastikan buffer kamera - di mana ia menyimpan gambar sebelum menyalin ke kartu memori - tidak bisa diisi terlalu cepat, dan kamera akan selalu siap beraksi.
 
Low angle dan live view
Kamera dengan layar LCD putar membuatnya lebih mudah untuk mendapatkan gambar tingkat rendah, seperti yang Anda dapat mengaktifkan Live View, kemudian menempatkan kamera di permukaan tanah dan  layar menghadap ke atas .
Pilih lokasi fotografi satwa liar yang tepat
Sebagian besar dari kita tidak memiliki waktu untuk mengejar satwa liar di sekitar perkampungan. Kabar baiknya adalah bahwa ada banyak lokasi yang dapat diakses menyajikan kesempatan untuk mendapatkan dekat dengan alam (dan foto itu) tanpa harus pergi ke tempat jauh.
Sebuah taman kota, kebun binatang, kolam atau cagar alam memberikan kesempatan sempurna untuk itu.
Hewan-hewan yang akan Anda temukan di lokasi yang baik dikunjungi seperti ini akan lebih terbiasa dengan orang, yang memungkinkan Anda untuk mendekati tanpa harus kamuflase.
 
Best wildlife photography locations
Image by Mark Hamblin
Bahkan, jika Anda menuju ke taman setempat, lensa panjang sekaligus mendukung zoom wide-angle atau standar. satwa sering cukup dekat untuk memungkinkan Anda untuk memotret, terutama jika Anda membawa beberapa kacang sebagai umpan.

Jangan lupa dasar-dasar fotografi satwa liar ketika Anda bepergian ke suatu tempat baru
 

Don't forget the basics when you travel somewhere new: concentrate on composition

1. Berkonsentrasi pada komposisi
Meskipun komposisi menempatkan subjek di tengah frame dapat bekerja dengan baik - terutama jika hewan tersebut menatap lensa - sering kali lebih menarik untuk memindahkan mereka dari tengah. Untuk hasil yang tampak alami, seperti foto diatas yang meninggalkan lebih banyak ruang dalam rangka untuk subjek untuk melihat atau pindah.
 
Don't forget the basics when you travel somewhere new: watch the background
 
2. Perhatikan latar belakang
Dihadapi oleh spesies eksotis, sangat mudah untuk melupakan apa yang terjadi di belakang mereka - tapi latar belakang dapat membuat atau menghancurkan tembakan. Foto diatas, gajah tampaknya memiliki sebuah pohon yang tumbuh keluar dari kepalanya. Meninggikan kamera akan memberikan latar belakang rumput yang bersih.
 
Don't forget the basics when you travel somewhere new: shoot in raw
 
3. Tembak di RAW
Jika itu adalah perjalanan sekali dalam seumur hidup, menembak dalam format RAW, bukan JPEG. format RAW memberi Anda lebih banyak fleksibilitas ketika mengedit gambar Anda nanti. Sebagai contoh foto diatas, bisa rumit untuk mengekspos untuk hewan gelap di lingkungan yang terang, dan sebaliknya, namun penembakan baku memungkinkan Anda untuk menyempurnakan kecerahan nanti.

Posting Komentar

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search